Sabtu, 21 April 2012

MANFAAT MEMBACA

Diposting oleh Unknown di 00.39

PENDAHULUAN
            Manusia adalah mahkuk yang diberikan akal oleh Allah SWT untuk berpikir. Berpikir adalah suatu kegiatan yang harus dilatih terus-menerus demi mengembangkan potensi otak, Salah satu cara manusia mengembangkan potensinya adalah dengan “membaca”.  Membaca akan sangat mudah untuk mendapatkan berbagai informasi tulis. Sebenarnya membaca bukanlah hal yang aneh lagi, apalagi untuk para pelajar membaca adalah sebuah kebutuhan demi meningkatkan ilmu pengetahuannya.
            Selain mampu mengasah potensi otak dan pengetahuan, membaca akan menumbuhkan sikap kreatif dan inovatif dari diri si pembaca. Jika rajin membaca berbagai buku pengetahuan seperti buku-buku ilmiah ataupun karya tulis ilmiah, dan ketika dihadapkan dengan suatu tugas yang berhubungan dengan karya ilmiah maka disinilah kemampuan hasil membaca kita digunakan semaksimal mungkin. Ilmu pengetahuan yang kita peroleh dari membaca akan sangat membantu dalam proses pembuatan karya tulis ilmiah yang akan kita kerjakan.
            Tetapi tidak semua orang senang akan membaca  ada sebagian orang yang hanya sekedar bisa membaca tanpa selalu membaca disaat waktu luang, maka disini dapat disimpulkan itu artinya orang membaca hanya disaat dia ada keperluan saja. Budaya membaca hendaknya selalu dilakukan setiap waktu, karena dengan banyak membaca tidak akan ketinggalan informasi-informasi baru, apalagi jika buku yang kita baca adalah buku ilmu pengetahuan ilmiah itu akan sangat bermanfaat sekali untuk masa depan si pembaca. Membahas mengenai karya tulis ilmiah membaca sangat mempengaruhi kualitas karya ilmiah yang dibuat, karena apa? Dengan membaca akan mampu membandingkan karya-karya tulis orang lain dengan karya tulis yang kita buat. Disinilah kita dapat mengasah kemampuan membaca sekaligus menulis. Oleh karena itu mulai dari sekarang kita  tingkatkan budaya membaca disetiap waktu untuk meningkatkan potensi yang dimiliki.
PENGERTIAN MEMBACA
            Menurut saya sendiri membaca adalah melihat, mengucapkan secara lisan maupun didalam hati disertai dengan memahami isinya, yang bertujuan mendapatkan informasi dari bacaan tersebut. Dengan demikian membaca merupakan suatu kegiatan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari untuk mendapatkan informasi.
            Lain halnya menurut 3 (tiga) pakar ahli yang saya dapatkan, ada beberapa pengertian membaca diantaranya :
Menurut Kolker (1983:3)

Membaca adalah suatu proses komunikasi antara pembaca dan penulis dengan bahasa tulis. Hakekat membaca ini menurutnya ada tiga hal, yakni afektif, kognitif, dan bahasa. Perilaku afektif mengacu pada perasaan, perilaku kognitif mengacu pada pikiran, dan perilaku bahasa mengacu pada bahasa anak. Senada dengan itu,

Fredick Mc Donald (dalam Burns, 1996: 8) mengatakan bahwa, Membaca adalah rangkaian respon yang kompleks, di antaranya mencakup respon kognitif, sikap dan manipulatif. Membaca tersebut dapat dibagi menjadi beberapa sub keterampilan, yang meliputi: sensori, persepsi, sekuensi, pengalaman, berpikir, belajar, asosiasi, afektif, dan konstruktif. Urun pandangan,

Rosenblatt (dalam Tompkins, 1991: 267) mengungkapkan, Membaca adalah proses transaksional. Proses membaca berdasarkan pendapat ini meliputi langkah-langkah selama pembaca mengkonstruk makna melalui interaksinya dengan teks bacaan. Makna tersebut dihasilkan melalui proses transaksional. Dengan demikian, makna teks bacaan itu tidak semata-mata terdapat dalam teks bacaan atau pembaca saja.


Maka dari itu dapat kita simpulkan bahwa membaca adalah kemampuan untuk menggunakan semua indra dengan simbul untuk mengetahui makna.
Tujuan membaca adalah untuk mengetahui informasi , sebagai hiburan, untuk mendapatkan pengetahuan.
MANFAAT MEMBACA UNTUK KARYA TULIS ILMIAH
Ada beberapa manfaat membaca dalam pembuatan karya tulis ilmiah, diantaranya :
1.      Menambah ilmu pengetahuan sebagai bahan dasar pembuatan karya tulis ilmiah
2.      Menyempurnkan kalimat dan kata-kata baku dalam penulisan
3.      Menumbuhkan berbagai ide kreatif dan inovatif
4.      Mampu mengukur kualitas karya tulis ilmiah yang dibuat
5.      Menghasilkan sebuah karya tulis ilmiah yang sangat berkualitas
6.      Mampu bersaing dengan karya tulis orang lain
7.      Percaya diri untuk terus mengembangkan potensi yang dimiliki dalam pembuatan karya tulis ilmiah, karena memiliki bekal budaya membaca.
DAFTAR PUSTAKA

0 komentar:

Posting Komentar

 

Niki Blog's 21 Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting